Show simple item record

dc.contributor.authorElistyowati
dc.date.accessioned2015-02-05T04:29:32Z
dc.date.available2015-02-05T04:29:32Z
dc.date.issued2015-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61284
dc.description.abstractIlmu pengetahuan alam (IPA) atau sering disebut sains merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempunyai andil cukup besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adallh : I) apakah strategi pembelajaran fisika dengan pndekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional? 2) apakah strategi pembelajaran fisika dengan pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetaltui apakah strategi pembelajaran dengan pendekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional? 2 ) untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran dengan pendekatan STM dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional ?. Hjpotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah.1) penguasaan konsep dasar fisika yang diajar dengan pendekatan STM meningkat jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional, 2) literasi sains dan teknologi siswa yang diajar dengan pendekatan STM meningkat jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan ANAVA satu jalur yang signifikansinya diuji dengan uji F dan dilanjutkan lagi dengan uji t. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa untuk penguasaan konsep dasar fisika t hit =7,66 sedangkan t tabel = 1,66 dengr.n demikian Ho ditolak. Begitu juga dengan literasi sains dan teknologi didapat t hit = 7,3 sedangkan t tabel 1,66 dengan dernikian Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa: 2) strategi belajar mengajar dengan pendekatan STM dapat meningkatkan konsep dasar fisika jika dibandingkan dengan pendekatan konvensiona!. 2) stratcgi belajar mengajar dengan pendekatan STM japat meningkatkan literasi sains dan teknolog.i siswa jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional. XIen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN FlSIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKATen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN FlSIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (Studi komparatif bahan kajian energi pada siswa kelas l cawu III di SLTP 4 Jember tahun pelajaran 2001/2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record