Show simple item record

dc.contributor.authorAmbar Dwi Astuti
dc.date.accessioned2015-02-05T03:28:46Z
dc.date.available2015-02-05T03:28:46Z
dc.date.issued2015-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61281
dc.description.abstractPembaharuan dalam IPTEK menuntut siswa sebagai subyek didik untuk lebih aktif, kreatif, dan partitif. Upaya yang dilakukan peneliti adalah menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dalam membelajarkan fisika. Permasalahan: I )Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS?;2)Seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS?;3)Apakah pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dapat memberikan penguasaan ketrampilan proses dasar pada siswa SLTP?.Tujuan: 1 )untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar lisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS;2)untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS; 3 )untuk mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dapat memberikan penguasaan ketrampilan proses dasar pada siswa SLTP. Manfaat. sebagai upaya memngkatkan hasil belajar lis1ka, sebagai altematif guru d1dalam membelajarkan fisika siswa.Responden adalah siswa kelas I C SLTP 4 .lember, ditentukan: mengambil satu kelas langsung. Metode pengumpulan data. I )uji t tes:2 )prosentas efektifitas pembelajaran3 )prosentase penguasaan ketrampilan proses dasar siswa:Hasil analisis data t hitung =9,10 dan t tabel = 1,677. Pada taraf si1:,rnifikan 5% t hitung tidak terletak pada penerimaan Ho. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas IC sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS.Efektifitas pembelajaran fisika 41 %.Kemampuan siswa kelas I C yaitu mengamati 83,48%, menggunakan alat dan bahan 82,61 %, berkomunikasi 83,33%, bertanya 57,61%, meramalkan 93,48%, dan menyimpulkan 67,39%. Disimpulkan bahwa; I) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas I C sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS; 2) Besamya efektifttas pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS 41% sehingga cukup cfcktrf, 3) Pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana d1sertai LKS dapat membenkan penguasaan ketrarnpilan proses dasar pada siswa kelasI C cawu Ill d1 SLTP 4 Jember.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA DISERTAI LKS DALAM PEMBElAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHAen_US
dc.titlePENGGUNAAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA DISERTAI LKS DALAM PEMBElAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA (Studi kuasi eksperimen bahan kajian Usaha pada siswa kelas I C dl SLTP -4 Jember Tahun pelajaran 2000/2001)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record