dc.description.abstract | Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang kejadian alam, yang
memungkinkan peneliatian tangan perubaan, pengukuran. penyajian, secara
matematis yang berdasarkan peraturan-peraturan.. Dalam pembelajarannya fisika
mencakup konsep dan praktek , sehingga pembelajaran fisika dituntut adanya 1ncdia
yang bisa dijadikan sumber belajar bagJ. siswa atau pendidik untuk mewujudkan
konsep fisika dalam praktek. Hal ini dimaksudkan agar siswa mampu menyimpan
konsep fisika lebih lama dalam memotinyn. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji
tara kalor kimia listrik pada elektrolisa sebagai sumber belajar fisika. Berdasarkan
atas Hulmm Faraday II massa zat yang terjadi atau melarut selama proses elektrolisa
berbanding lurus dengan jumlah muatan listrik yang melalui elekktrolisa. Maka
metodologi pengambilan data dalam penelitian ini memakai eksperimen pada proses
elektrolisa dengan bahan elektrode tembaga dan elektrolit CuSO4 . Variabel yang
diteliti perubahan arus, tegangan, waktu dan konsentrasi terhadap massa (gr) endapan
pada katoda. Masing-masing variahel diamhil 5 kali variasi peruhahan kondisi yang
tertuang pada tabel-tabel dan dianalisa menggunabn grafik dan perhitungan pada
tiap-tiap perubahan variabel. Adapun untuk mengetahui penyimpangan atau
kesalahan mutlak hasil penelitian ini maka, nilai penyimpangan dibandingkan
dengan hasil perhitungan menurut penurunan rumus ukh faraday. Hasil akhir
penelitian ini disimpulknn, massa endapan pasta katoda dipengamhi oleh besar arus
dan waktu elektrolisa dan lidak dipeugamhi oleh besar perbedaan tegangan dan
konsentrasi elektrolit. | en_US |