dc.contributor.author | Suprihatin | |
dc.date.accessioned | 2015-02-05T02:21:30Z | |
dc.date.available | 2015-02-05T02:21:30Z | |
dc.date.issued | 2015-02-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61274 | |
dc.description.abstract | Fisika merupakan pelajaran yang lahir dan berkembang berdasarkan observasi dan eksperimen. Saran penunjang yaitu: meleui laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktikum. kegiatan praktikum merupakan salah satu langkah pembinaan sikap ilmiah dalam diri siswa. Agar kegiatan praktikum berjalan dengan lancar maka diperlukan LKS resep dengan /lks bukan resep. LKS resep dengan LKS bukan reesep ini merupakan sarana kegiatan praktikum agar siswa dapat menemukan dan membuktikan sesuatu konsep atau sesuatu prinsip fisika. Pembahasan yang akan dibahas adalah 1) apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar praktikum disertai LKS resep dan LKS bukan resep dalam pembelajaran fifika pokok bahasan kalor siswa kelas II SLTP 3 Jember tahun pelajaran 2000/2001. 2) Manakah yang lebih baik antara hasil belajar praktikum disertai LKs resep dengan LKS bukan resep dalam pembelajran fisika pokok bahasan kalor siswa kelas II SLTP 3 Jember tahun pelajaran 2000/2001. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar praktikum disertai LKS resep dengan LKS bukan resep dalam pembelajaran fisika pokok bahan kalor siswa kelas II SLTP 3 Jember tahun pelajaran 2000/2001. 2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara hasil belajar praktikum disertai LKS resep dengan LKS bukan resep dalam pembelajaran fisika pokok bahasan kalor siswa kelas II SLTP 3 Jember tahun pelajaran 2000/2001. Dari hasil analisis data diperoleh harga t=5,860 dengan t-tabel=1,666 berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar praktikum disertai LKS resep dengan LKs bukan resep dalam pembelajaran fisika. Untuk nilai rata rata siswa yang melakukan praktikum disertai LKS resep=78,372 sedangkan siswa yang melakukan praktikum disertai LKS bukan resep = 67,045. Dan harga efektifitasnya diperoleh Ef=16,895%. Hal ini menunjukkan bahwa praktikum disertai LKS resep lebih baik dibandingkan hasil belajar praktikum disertai LKS bukan resep | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR PRAKTIKUM DISERTAI LKS RESEP DENGAN LKS BUKAN RESEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN KALOR | en_US |
dc.title | STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR PRAKTIKUM DISERTAI LKS RESEP DENGAN LKS BUKAN RESEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN KALOR SISWA KELAS II SLTP 3 JEMBER TAHUN 1999/2000 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |