dc.contributor.author | Shohibul Alim | |
dc.date.accessioned | 2015-02-05T01:07:42Z | |
dc.date.available | 2015-02-05T01:07:42Z | |
dc.date.issued | 2015-02-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265 | |
dc.description.abstract | Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang salah satu
diantaranya ialah siswa menerima materi pelajaran dan mendekatkan kegiatan belajar
mengajar pada tujuan yang diharapkan.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: adakah perbedaan hasil
belajar fisika antaraa metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan
yang mengglmakan LKS Jalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I
Jmber kelas I cawu1 Talmn Ajaran 1999/2000. Dan jika ada metode mana yang lebih
efektif antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang
menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika.
Penelitian ini bertujuan : ( 1) Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara
rnetode eksperimen yang menggunakan petunju.k praktikum dcngan yang menggunakan LKS
dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Talum
Ajaran 1999/2000. (2) Ingin mengetahui sejauh mana efekiifitas antara metode eksperimen
yang menggtmakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran
fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu l Tahun Ajaran 1999/2000.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi , metode dokumentasi
dan metode tes. Penarikan sampel yang dilalalkan dengan cluster random sampling, kelas
yang dijadikan sampel 2 kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen I dan
kelas eksprimen II diada.kan dengan tehnik undian. Uji statiska yang digunakan ialah uji
test untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika
Hasil analisis data dengan uji test diperoleh tuntung sebesar 5,12, sedangkan pada
taraf signifikansi 5%· dengan db 92 diperoleh harga ttabel 1.971 berarti tuntung > ttabel.
Efektifitas dari metode eksperimen yang menggunakan LKS sebesar 27,99% dan termasuk
katagori cukup efektif.
Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan antara
metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS
dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Tahun
Ajaran 1999/2000. (2) Metode eksperimen yang menggunakan LKS lebih efektif eli banding
dengan metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan taraf keefektifitas
sebesar 27,99% yang berarti cukup efektif | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas jember | en_US |
dc.subject | EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA | en_US |
dc.title | EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BAHAN KAJIAN GELOMBANG 01 MADRASAH . ALIYAH NEGERI I JEMBER KE~S I CAWU 3 TAHUN AJARAN 1919/2000 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |