Show simple item record

dc.contributor.authorShohibul Alim
dc.date.accessioned2015-02-05T01:07:42Z
dc.date.available2015-02-05T01:07:42Z
dc.date.issued2015-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265
dc.description.abstractBanyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang salah satu diantaranya ialah siswa menerima materi pelajaran dan mendekatkan kegiatan belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: adakah perbedaan hasil belajar fisika antaraa metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang mengglmakan LKS Jalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jmber kelas I cawu1 Talmn Ajaran 1999/2000. Dan jika ada metode mana yang lebih efektif antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan : ( 1) Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara rnetode eksperimen yang menggunakan petunju.k praktikum dcngan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Talum Ajaran 1999/2000. (2) Ingin mengetahui sejauh mana efekiifitas antara metode eksperimen yang menggtmakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu l Tahun Ajaran 1999/2000. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi , metode dokumentasi dan metode tes. Penarikan sampel yang dilalalkan dengan cluster random sampling, kelas yang dijadikan sampel 2 kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen I dan kelas eksprimen II diada.kan dengan tehnik undian. Uji statiska yang digunakan ialah uji test untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika Hasil analisis data dengan uji test diperoleh tuntung sebesar 5,12, sedangkan pada taraf signifikansi 5%· dengan db 92 diperoleh harga ttabel 1.971 berarti tuntung > ttabel. Efektifitas dari metode eksperimen yang menggunakan LKS sebesar 27,99% dan termasuk katagori cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Tahun Ajaran 1999/2000. (2) Metode eksperimen yang menggunakan LKS lebih efektif eli banding dengan metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan taraf keefektifitas sebesar 27,99% yang berarti cukup efektifen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas jemberen_US
dc.subjectEFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titleEFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BAHAN KAJIAN GELOMBANG 01 MADRASAH . ALIYAH NEGERI I JEMBER KE~S I CAWU 3 TAHUN AJARAN 1919/2000en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record