dc.description.abstract | Aktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA,
mengakibatkan nilai mata pelajaran IPA juga rendah. Hal itu dapat dilihat dari hasil
perolehan nilai yaitu 42,86 %, (sebanyak 18 siswa) dari 43 siswa mendapatkan nilai
di bawah 65. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah
metode eksperimen untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran
sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan penguasaan
materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama dengan
bimbingan dari guru dengan melakukan sendiri, mengikuti proses, mengamati suatu
objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu
objek, keadaan atau proses sesuatu dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan
sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami
peningkatan) disertai dengan meningkatnya hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan
aktivitas belajar siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN
Garahan 02 Kecamatan Silo Jember? (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar
siswa dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02
Kecamatan Silo Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa
dengan metode eksperimen pada pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan
Silo Jember. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada
pelajaran IPA kelas V SDN Garahan 02 Kecamatan Silo Jember. | en_US |