dc.description.abstract | Kualitas Pelayanan merupakan suatu upaya perusahaan dalam -
memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan melalui
pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Puas tidaknya
pelanggan terhadap kinerja pelayanan perusahaan tidak hanya
diJihat dari kualitas pelayanan perusahaan yang baik, melainkan
juga dilihat da1i persepsi pelanggan. Penelitian ini dimaksudkan
untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah bank (Studi Kasus Pada Nasabah Bank
Mandiri ex. Bank Exim Cabang Jember Tahun 2002), juga untuk
mengetahui pengaruh secara parsial diantara kualitas pelayanan
(keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik)
terhadap kepuasan nasabah bank (studi Kasus Pada Nasabah
Bank Mandiri ex. Bank Exirn Cabang Jember Tahun 2002). Metode
Penelitian yang digunakan adalah desktiptif kuantitatif dengan
penentuan daerah penelitian secara purposive. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji-F dan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan
(keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fi.sik) secara
simultan mempunyai pengaruh yang signiflkan terhadap kepuasan
nasabah. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji simultan
dengan menggunakan Uji-F dimana F-hitung lebih besar dari Ftabel
(26,856>2,494). Koefi.sien determinasi (R Square) sebesar
0,798 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan (keandalan,
daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) bersama-sama
mempengaruhi variabel kepuasan nasabah bank sebesar 79,8%.
Untuk mengetahui pengaruh secara parsial diantara masingmasing
variabel bebas terhadap variabel terikat dengan
menggunakan Uji-t din1ana keandalan (Xl)=t-hitung>t-tabel
(3,919>2,030), daya tanggap (X2)=t-hitung>t-tabel (3,272>2,030),
jaminan (X3)=t-hi.tung>t-tabel (3,273>2,030), empati (X4)=thitung>
t-tabel (3,521 >2,030) dan bukti fisik (Xs)=t-hitung>t-tabel
(3,302>2,030). | en_US |