dc.description.abstract | Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa
juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPA berlangsung masih terlihat
beberapa siswa yang tidak mencatat materi pelajaran dan tidak pernah bertanya
tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik kepada guru maupun kepada
siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa pada pelajaran yang diajarkan
sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal – soal
yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yaitu 51,22%
(sebanyak 21 siswa) dari 41 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Aktivitas siswa
yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA, mengakibatkan nilai mata
pelajaran IPA juga rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana peningkatan
aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui
metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?. 2) bagaimana
peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng
Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?
Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah metode Buzz
Group dengan media kokami untuk memudahkan siswa dalam memahami materi
pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan
penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama
dengan bimbingan dari guru dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam
memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam
pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan
meningkatnya hasil belejar siswa. | en_US |