dc.description.abstract | Permasalahan yang muncul di SDN Jenggawah 05 yaitu rendahnya aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain: (1) pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang
berprestasi, (2) kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar, (3)
kurangnya variasi metode yang digunakan untuk penyampaian materi. Salah satu
cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA yaitu dengan menerapkan
model Learning Cycle dalam pembelajaran IPA. Model Learning Cycle merupakan
model pembelajaran yang terdiri dari rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang
disususn sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi
yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui
Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?, (2) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
melalui Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?.
Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Bagianbagian
Tumbuhan dan Fungsinya melalui Learning Cycle, (2) Untuk meningkatkan
hasil belajar IPA pokok bahasan Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 melalui Learning Cycle.
ix
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SDN Jenggawah 05 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa
sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas
dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. | en_US |