Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Yuliana
dc.date.accessioned2015-01-30T02:05:29Z
dc.date.available2015-01-30T02:05:29Z
dc.date.issued2015-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61166
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini yaitu banyaknya siswa yang merasa bosan belajar matematika, karena metode mengajar yang digm1akan tidak bervariasi dan semata - mata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata - kata oleh guru tanpa diselingi media pendidikan yang menarik. Melihat hal itu perlu dikembangkan media pendidikan untuk pelajaran matematika. Pada kenyataan lain, banyak siswa SMP yang gemar membaca komik. Fenomena ini menjadikan media pendidikan berbentuk komik merupakan salah satu media yang tepat digunakan siswa agar termotivasi Wltuk belajar matematika. Komik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah komik untuk pelajaran matematika yakni pada sub pokok bahasan untug dan rugi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : ( l) adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan media pendidikan berbentuk komik sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2 Arjasa kelas Vll semester I tahun ajaran 2004/2005? (2) bagaimana perbedaan aktivitas siswa yang tidak menggunakan dan menggunkan media pendidikan berbentuk ko_mjk sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2 Arjasa kelas VII semester I tahun ajaran 2004/2005?. Pengambilan data diJaksanakan di SMP Negeri 2 Arjasa tahun ajaran 2004/2005 subyek penelitian siswa kelas VIlA dan kelas VIIB mulai tanggal 27 sarnpai tanggal 29 Oktober 2004. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode tes, dokumentasi, observasi dan interviu. Analisa data yang digunakan untuk mengetahui adakah perbedaan basil belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan media pendidikan berbentuk komik adalah ttes sedangkan untuk mengetahui aktivitas sJswa selama proses pembelajaran berlangsung digunakan rumus persentase yang sebelumnya ditentukan dengan tabel kerja dengan altematif altematif jawaban. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan media pendidikan berbentuk komik sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2 Aijasa kelas VII semester I tahun ajaran 2004/2005. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tk$ =3,04 kemudian dikonsultasikan dengan t,a~>e1= t ,6697 sehingga hipotesis alternatifuya diterima, untuk aspek penilaian aktivitas mengalami kecenderungan meningkat pada kelas V1IA dibandingkan dengan kelas VJIB yang ditunjukkan oleh basil persentase observasi selarna proses pembelajaran Saran yang dapat diberikan: (I) Diharapkan media pendidikan berbentuk komik ini dapat diterapkan oleh guru saat mengajar (2) Berdasarkan temuan penelitian masih ditemukan beberapa kesatahan, untuk itu bagi siswa yang sering membuat kesalahan tersebut diberi bimbinganen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TlDAK MENGGUNAKAN DAN MENGGUNAKAN MEDIA PENDIDIKAN BERBENTUK KOMIK SUB POKOK BAHASANen_US
dc.titlePERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TlDAK MENGGUNAKAN DAN MENGGUNAKAN MEDIA PENDIDIKAN BERBENTUK KOMIK SUB POKOK BAHASAN UNTUNG DAN RUGI DI SMP NEGERI 2 ARJASA KELAS VII SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2004/2005en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record