Show simple item record

dc.contributor.authorHOLILI
dc.date.accessioned2013-12-08T03:09:47Z
dc.date.available2013-12-08T03:09:47Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM090210204157
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6111
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis sebuah cerita memerlukan pemahaman terhadap kaidah-kaidah dalam menulis atau membuat sebuah karangan. Keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Siswa akan mampu mengekspresikan perasaan, gagasan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis. Kemampuan menulis pada siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 kurang baik. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema dan penggunaan ejaan. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 28 siswa, hanya 9 siswa tuntas belajar (sesuai SKM yaitu ≥ 60), sedangkan 19 siswa tidak tuntas belajar. Berdasarkan data hal tersebut untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa, digunakanlah model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan, karena komik memiliki alur cerita yang mudah dipahami oleh siswa. Siswa akan mudah menentukan pilihan kata dan mengembangkan cerita berdasarkan komik dan kalimat konsep. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 Lumajang ; (2) bagaimanakah keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 setelah pembelajaran dengan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan. x Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Pejarakan Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Desain dari penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral, dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204157;
dc.subjectKETERAMPILAN MENULISen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL KALIMAT KONSEP DAN BANTUAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEJARAKAN KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record