Show simple item record

dc.contributor.authorSri Margiati
dc.date.accessioned2015-01-28T06:37:46Z
dc.date.available2015-01-28T06:37:46Z
dc.date.issued2015-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61117
dc.description.abstractSLTPN 2 Arjasa memiliki lingkungan yang sangat mendukung untuk sumber pembelajaran biologi, namun belum dimanfaatkan untuk pembelajaran biologi, padahal pelajaran biologi yang diajarkan di SLTP banyak terdapat pada lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan pendekatan lingkungan salah satunya adalah pada bahan kajian keanekaragaman hewan. Permasalahan yang muncul adalah apakah lingkungan dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil ulangan sub sumatif siswa dalam mata pelajaran biologi bahan kajian keanekaragaman hewan. Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan lingkungan ini bertujuan mengetahui tingkat aktivitas dan peningkatan hasil ulangan sub sumatif siswa dalrun mempelajari biologi bahan kajian keanekaragaman hewan dengan metode yang digunakan adalah metode observasi untuk mengukur aktivitas siswa dengan data yang akan diraih,berasal dari langkah-langkah kerja ilmiah yaitu berupa persiapan alat, partisipasi siswa, dalam kelompok, pelaksanaan pengamatan, mengisi lembar pengamatan, menyimpulkan hasil pengamatan dan mencatat hasilnya. Metode test dengan data yang ingin diraih yaitu ingatan, pemahaman dan penerapan. Responden diambil dari kelas lc SL TPN 2 Arjasa yang berjumlah 46 siswa, karena penelitian ini berupa action reseat maka responden yang diambil berdasarkan skor terendah dari rata-rata kelas I. Dari hasil analisis data yang diperoleh dengan pendekatan lingkungan mengalami penigkatan aktivitas belajar yaitu dari yang semula 76,79 % pada siklus I meningkat mcnjadi 84,28% pada siklus fi dan 87,95% pada siklus HI sedangkan hasil ulangan sub sumatif meningkat dari yang semula hanya 59 % menjadi 87 %. Dengan memperhatikan batas keberhasilan rata-rata nilai sebesar 65 per individu dan ketuntasan klasikaJ 85 % per kelas. Pendekatan lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar biologi bahan kajian keanekaragaman hewan pada siswa kelas I SLTP N 2 Arjasa tahun pelajaran 2000/2001.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectMENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR SISWA MATA PElAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGANen_US
dc.titleMENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR SISWA MATA PElAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN BAHAN KAJIAN KEANEKARAGAMAN HEWAN KElAS I SlTP N 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2000 /2001en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record