Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Syaifudin
dc.date.accessioned2015-01-28T03:45:21Z
dc.date.available2015-01-28T03:45:21Z
dc.date.issued2015-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61107
dc.description.abstractPelajaran Biologi membutuhkan penguasaan konsep yang menyeluruh agar siswa mampu memahami pengetahuan atau konsep-konsep yang diterimanya, disarnping memadukan konsep-konsep yang ada. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalarn hal ini adalah peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui perungkatan hasil belajar biologi dan signifikansi perbedaan hasil belajar melalui peta konsep. Rancangan penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan melakukan perubahan tindakan kelas yang dikernas dalam 3 siklus. Pelaksanaannya di SL TP Negeri 5 Jember ketas II cawu 2 tahun ajaran 2000/2001 . Penentuan responden penelitian dipilih kelas yang rnernpunyai rata-rata kelas rendah pada ulangan harian bab 4, yaitu kelas IIC 'dengan nilai ratarata kelas 48,7 kernudian diberi tindakan berupa pengajaran dengan peta konsep dan tugas pembuatan peta konsep kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata kelas pada ulangan bab 4 dengan bab 5 menggunakan t Ies correlated sample taraf signifikansi 99% dan derajat kebebasan (db) 36 diperoleh t-hitung 10,9 > t-tabel 2,7224. Hal ini rnenunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum proses belajar mengajar tanpa peta konsep dengan proses belajar mengajar rnenggunakan peta konsep. Untuk menguji apakah peningkatan hasil belajar benar-benar pengaruh peta konsep maka dibandingkan basil ulangan antara bab 5 dengan bab 6 dcngan t-tes correlated sample didapatkan t-hitung 8 > t-tabcl 2, 7224 yang berarti ada perbedaan yang signifikan an tara hasil ulangan bab 5 dengan bab 6. Kesirnpulannya adalah peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa SL TP Negeri 5 Jernber kelas ll cawu 2 tahun ajaran 2000/2001, yang berarti pengajaran rnenggunakan peta konsep lebih berhasil daripada pengajaran tanpa peta konsep.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENINGKATAN BASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGAJARAN PETA KONSEPen_US
dc.titlePENINGKATAN BASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGAJARAN PETA KONSEP SISWA SLTP NEGERI 5 JEMBER KELAS II CAWU 2 TAHUN AJARAN 2000/2001en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record