Show simple item record

dc.contributor.authorTitik Indah Kusuma
dc.date.accessioned2015-01-27T07:46:43Z
dc.date.available2015-01-27T07:46:43Z
dc.date.issued2015-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61088
dc.description.abstractBelajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dua konsep tersebut menjadi terpadu manakala terjadi interaksi antara guru-siswa, siswa-siswa pada saat pengajaran itu berlangsung. Keberhasilan rnengungkapkan hasil dan proses belajar rnengajar siswa sebagaimana adanya sangat tergantung pada kualitas alat penilaiannya di samping cara pelaksanaannya. Suatu alat penilaian dikatakan mempunyai kualitas yang baik apabila alat penilaian tesrsebut memiliki atau memenuhi dua hal yaitu ketepatannya atau validitasnya dan ketetapannya atau reliabilitasnya. Guru yang sudah berpengalaman mengajar dan menyusun soal-soal, juga masih sukar menyadari bahwa, tes yang disusun belum sempuma, mereka beranggapan bahwa yang menjadi hasil karyanya adalah yang terbaik atau setidaknya cukup baik. Oleh karena itu cara yang paling baik adalah melihat hasil yang diperoleh oleh siswa. Atas dasar itulah peneliti ingin menganalisis soal Biolog buatan guru SL TP Negeri 5 Jember berdasarkan vallditas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Febuari dan pada tanggal 17 Febuari 2000 dengan mengambil data berupa soal ulangan harian yang d1buat oleh guru dan daftar nilai u1angan harian siswa pada pokok bahasan penurunan sifat. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini rnel1puti beberapa tahap:(1 ) menganalisis soal Biologi buatan guru berdasarkan validitas isi dan validitas konstruks1, (2) menganahs1s soal ulangan harian s1swa berdasarkan tingkat reliabilitas tes ulang dengan cara mengolah nilai siswa. Hasil yang diperoleh bahwa soal biolog1 buatan guru SL TP Negeri 5 Jember yang telah memenuhi va1id1tas is1 adalah sebanyak 83,3 % dari soal dan yang memenuhi validitas konstruksi adalah sebanyak 60 % dari soal, dandiperoleh harga t observasi > t tabel yaitu 3,567 > 2,02 yang menunjukkan bahwa, tes tersebut memiliki reliabilitas soal yang tinggi.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectANALISIS SOAL BIOLOGI BUATAN GURU SLTP NEGERI 5 JEMBERen_US
dc.titleANALISIS SOAL BIOLOGI BUATAN GURU SLTP NEGERI 5 JEMBER BERDASARKAN VALIDITAS DAN RELIABILITASNYAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record