dc.description.abstract | Adanya berbagai macam buku teks yang digunakan sebagai sumber belajar
dan hasil ulangan yang kurang memuaskan pada kelas 11 terutama tentang sistem
transportasi menimbulkan adanya suatu pene\itian. Dalam penelitian ini
dirumuskan 2 permasalahan, yakni : ( 1) bagaimanakah konsep-konsep sistem
transportasi pada buku teks biologi SMU ke1as 11 terbitan Erlangga, Ganeca, lntan
Pariwara, dan Ocpdikbud~ (2) adakah perbedaan konsep sistern transportasi pada
buku teks biologi SMU kelas ll terbitan Erlangga, Ganeca, lntan Pariwara, dan
Depdikbud dengan GBPP kurikulurn 1994 yang telah disempurnakan. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalarn penelitian ini 4 buku teks terbitan
Erlangga, Ganeca, lntan Pariwara dan Depdikbud. Kegiatan penelitian ini dimulai
pada tanggal 18 April 2000 sampai 1 Juni 2000.Hasil penelitian menyatakan
bahwa, Konsep-konsep sistem transportasi pada buku teks biologi SMU kelas II
terbitan Erlangga, Ganeca, lntan Pariwara dan Depdikbud adalah pada sistem
transportasi tumbuhan mempunyai konsep, proses difusi, proses osmosis, proses
transport aktif, imbibisi , simplas, apoplas, tekanan akar, potensial osmotis.
tekanan difusi, Jaju difusi, pengambilan C02 dan 0 2, pangangkutan air dan zat
terlarut melalui xilem, kecepatan transportasi, transpirasi stomata, laju transpirasi,
pengangkutan basil fotosintesis melalui tloem. Sedangkan konsep pada sistem
transportasi hewan adalah difusi, peredaran darah tertutup dan terbuka, sistern
peredaran limfa, .jantung, pembuluh arteri, Pembuluh vena, Pernbuluh kapiler,
Pembuluh limfa, Pembuluh koroner, peredaran darah tunggal dan ganda.
Perbedaan konsep pada keempat buku teks ini dengan GBPP 1994 yang telah
disempumakan rnempunyai nilai prosentase yakni Erlangga 6,6%, Ganeca 20%,
In tan Pariwara 1 O%dan Depdikbud 30%. | en_US |