• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DENGAN MEDIA OHP 01 SMU NEGERI 2 JEMBER PADA KONSEP SISTEM REPROOUKSI KELAS II CAWU Ill TAHUN PELAJARAN 1999/2000

    Thumbnail
    View/Open
    Insas bhudi cahyana.pdf (1.496Mb)
    Date
    2015-01-26
    Author
    Insas Bhudi Cahvana HS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usaha untuk menemukan masalah diawali dengan mengkaji teori yang kemudian dirumuskan bipotesisnya. Di dalam hipotesis yang pertama ada perbedaan penggunaan media asli dengan media OHP terhadap hasil belajar biologi. Sedang bipotesis yang kedua hasil belajar biologi yang diajar menggunakan media asli lebih baik daripada media OHP. Data diperoleh dari 84 orang siswa. Kelas II-7 sebanyak 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 11- 8 sebanyak 42 orang sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilaksanakan, yaitu menghomogenitaskan responden dahulu. Untuk mengetahui homogenitas responden dengan cara mendata hasil ulangan bab panca indra kelas ll cawu Ill dari guru biologi kelas II SMU N 2 Jember. Hasil analisis data diperoleh 0,63 yaitu dengan cara menggunakan analisis varians. Dari perhitungan diketahui bahwa F tabel pada taraf signifikansi 5% scbesar 1,94 dan taraf signifikasi l% sebesar 2,91. Dengan demik.ian F hitung iebih kecil dibandingkan F tabel, sehingga responden dalam keadaan homogen. Selanjutnya responden diberi perlakuan. Kelas 11-7 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media OHP dan kelas ll-8 sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan media asli. Setelah diberikan pra-tes dan pasca tes, diketahui t hitung sebesar 4,53. Sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 1,98 dan taraf signifikansi l % sebesar 2,62. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang nyata dalam hal basil kemampuan belajar siswa antara pengajaran yang menggunakan media asli dengan media OHP. Kemudian kalau dilihat nilai mean dari rata-rata pasca tes dikurangi prates pada kelas Il-7 dan ll-8 didapat 13,45 untuk kelas 11-8 dan 9,28 untuk kelas ll-7. Dengan demikian nilai mean untuk kelas ll-8 yang menggunakan media asli lebih besar dibandingkan kelas ll-7 yang menggunakan media OHP. Sehingga pengajaran biologi konsep sistem reproduksi yang menggunakan media asli lebih baik dibandingkan media OHP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61052
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6311]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository