dc.contributor.author | SUCIATI | |
dc.date.accessioned | 2015-01-22T01:19:10Z | |
dc.date.available | 2015-01-22T01:19:10Z | |
dc.date.issued | 2015-01-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61007 | |
dc.description.abstract | Biologi merupakan ilmu yang berlandaskan pada eksperimen, untuk
mempelajarinya diperlukan sumber belajar yang dapat mendukung terhadap
pembelajaran. Dalam GBPP SMU terdapat konsep invertebrata. Alam sekitar
merupakan sumber yang utama yang menyediakan sumber belajar. Objek belajar
yang konkrit untuk mendukung pembelajaran dapat diperoleh. Di daerah perumahan
penduduk dan persawahan banyak ditemukan tilrus genus Rattus. Pada bagian dalarn
tubuh tikus tersebut hidup cacing parasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
cacing endoparasil yang menginfeksi saluran pencernaan tikus genus Rattus yang
akan digunakan sebagai sumber belajar tentang film Platyhelminthes dan
Nemathelra.inthes. Penelitian ini menggunakan aruilisis data secara statistik diskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cacing endoparasit yang menginfeksi pada
saluran pencernaan tikus genus Rattus yaitu Rattus rattus diardi yang ditemukan di
daerah perumahan penduduk dan persawahan dalam kampus Universitas Jember
antara lain: Hymenolepis sp dan Taenia pisiformis anggota dari kelas Cestoda, filum
Platyhelminthes, serta Moniliformis sp anggota dari filum Acanthocephala. Dalam
penelitian ini tidak ditemukan anggota Nemathelminthes. Dengan ditemukannya
cacing endoparasit tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi di SMU
kelas I cawu 2, tentang Pokok Bahasan Invertebrata dengan Sub Pokok Bahasan
Placyhelminthes dan Nemathelmintlles. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Cacing endoparasit, sumber belajar biologiCACING ENDOPARASIT ,SUMBER BELAJAR BIOLOGI | en_US |
dc.title | Cacing Endoparasit pada Saluran Pencernaan Rattus Spp yang Tertanbkap 01 Oalam Kampus Universitas Jember sebagai Sumber Belajar Biologi 01 SMU | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |