dc.description.abstract | Kebenaran kalimat dapat mempercepat pemahaman pembaca terhadap isi karangan. Kebenaran suatu kalimat ditandai oleh (1) kesesuaian proposisi kalimat dengan kenratnan dan (2) ketepatan penataan unsur-unsur pembentuk kalimat. Dalam kenyataan berbahasa, khususnya berbahasa tulis, sering dijumpai penyimpangan terhadap dua hat tersebut. Penyimpanyan- penyimpangan itulah yang disebut dengan kesalahan Kalimat. Masalah datom penelitian adalah bagaimana Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan
Siswa Kelas II SLTP Negeri 2 Jatiroto dari segi (1) kesalahan ide kalimat dan (2) kesalahan struktur kalimat. Kesalahan ide kalimat berkaitan dengan keranugka berpikir yang melandasi proposisi kalimat. sedangkan kesalahan struktur berkaitan dengan penataan
unsur-unsur pembentuk kalimat. Tujuan penelitian adalah memperoleh deskripsi yang objektif (1) kesalahan ide kalimat bahasa Indonesia dalam karangan siswa dan (2} kesalahan struktur kalimat bahasa Indonesia dalam karangan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas II
SLTP Negeri 2 Jatiroto Tahun Pelajaran 1998/1999 sebanyak 4 kelas, yaitu kelas IIA sebanyak 44 siswa, kelas IIB sebanyak 42 siswa, kelas llC sebanyak 42 siswa, dan kelas llD sebnayak 43 siswa. Jadi populasi penelitian sebanyak 171 siswa. Sampel penelitian
sebesar 10 persen dari populasi. Dengan demikian data yang diperoleh sebanyak 171 karangan siswa. Sampel penelitian diambil secara acak dengan undian. hal tersebut dipilih karena populasi bersifat hogen. hasil penelitian dipaparkan secara kualitatif kalimat. secara kualitatif kesalahan adalah penyimpangan-penyimpangan terhadap kaidah berbahasa yang dilakukan oleh siswa meliputi (1) ketidak sesuaian proposisi kalimat dengan kenyataan dan (2) ketidaktepatan penataaan unsur-unsur pembentuk kalimat . | en_US |