• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MOODUL DENGAN SlSWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LEMBAR KERJA SlSWA TAK BERSTRUKTUR (STUDI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER Il SLTPN 4 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2002/2003 UNTUK POKOK BAHASAN SUHU)

    Thumbnail
    View/Open
    Rita Musyafiri.pdf (1.365Mb)
    Date
    2015-01-06
    Author
    RITA MUSYAFITRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    kata kunci hasil belajar, pengajaran menggunakan modul, metode ek.sperimen disertai lembar kerja sisw:a tak berstruktur. Berbagai macam faktor yang mempengaruhi hasil belajar, salah satu diantaranya adalah metode mengajar. Semakin baik dan tepat seorang guru memilih metode mengajar dalam proses belajar mengajar, maka memungkinkan semakin tinggi hasil yang dicapai dalam belajar, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini meneliti masalah metode pembelanjaran. Adapun runusan masalah: 1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) Hasil belajar fisika manakah yang lebih baik dalam penyampaian materi pelajaran yang menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Sedangkan tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui adakah perbedaan basil bel ajar siswa yang diajar menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) untuk mengetahui manak.ah hasil belajar fisika yang lebih baik dalam penyampaian materi pelajaran yang menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Responden penelitian diambil dua kelas dengan metode duster ranclom sampling dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas dan dianalisa meogggunakan rumus t-Ies. Berdasarkan hasiJ perhitungan didapatkan t-hitung = 5,27 dan t-tabel = I ,665 dengan taraf signifikan 5% untuk db = 86, sehingga dapat dinyatakan t-hitung > tabel yang berarti ada perbedaan basil belajar dengan menggunakan modul dan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Bajwa pengajaran rnenggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur tidak lebih jelek daripada pengajaran menggunakan modul. Berdasarkan hasil pembahasan dan perhitungan dintas, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan modul dengan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) Hasil belajar siswa pada pclajaran fisika yang diajar menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur tidak lebih jelek daripada pengajaran menggunakan modul
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60855
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository