• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “LAHIR PROCOT, PULANG BAWA AKTA”: SEBUAH INOVASI PELAYANAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN DI KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Viditya Indah handayani - 100910201076_1.pdf (520.1Kb)
    Date
    2014-12-30
    Author
    Viditya Indah Handiyastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan fokus penelitian menggambarkan inovasi pelayanan penerbitan akta kelahiran melalui pelayanan Lahir Procot, Pulang Bawa Akta segi inovasi proses layanan, inovasi metode pelayanan dan faktor penghambat inovasi. Lokasi penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, Kantor Pos Cabang Banyuwangi, Puskesmas Sobo, RSUD Blambangan, dan Bidan Praktek Mandiri Asmawiyah. Waktu penelitian dilakukan pada 19 Mei – 19 Agustus 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan data sekunder melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Derajat kepercayaan (validitas) menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, kecukupan referensial dan uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian tentang inovasi pelayanan kependudukan melalui pelayanan Lahir Procot, Pulang Bawa Akta merupakan pelayanan yang efisien dan efektif hal ini dapat dilihat dari segi inovasi proses layanan yang mudah dan inovasi metode layanan yang cepat. Meskipun ada beberapa kendala tetapi secara keseluruhan tidak terlalu mengganggu jalannya inovasi. Inovasi proses layanan meliputi penyederhanaan sehingga pemohon tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi ataupun waktu yang lama untuk mengurus ke banyak instansi. Kendala dari inovasi proses layanan adalah masih ada operator yang merangkap jabatan dan bukan dari lulusan teknologi informasi dan masih ada “pungutan” di bidan-bidan. Inovasi metode pelayanan yang baru meliputi pengiriman dokumen yang menggunakan jasa Kantor Pos Cabang Banyuwangi, pengiriman data dari operator puskesmas/rumah sakit menggunakan mesin scan dan jaringan internet, pemberitahuan bahwa dokumen siap diambil oleh bidan atau pemohon melalui Short Message Service (SMS) oleh operator. Kendala dalam inovasi metode pelayanan adalah kurang diperkuatnya jaringan WIFI pada puskesmas atau rumah sakit. Terdapat kendala lain yang berasal dari masyarakat yaitu yang pertama kurangnya kesadaran untuk segera melakukan permohonan penerbitan akta kelahiran. Kendala kedua adalah masih banyak masyarakat Banyuwangi yang meyakini kepercayaan sepasar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60789
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository