Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Author "Nuriman"
Now showing items 1-20 of 26
-
IMPLEMENTASI MODEL SEQIP DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN 4 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Bayu Seno, Aris; Bektiarso, Singgih; Nuriman (UNEJ, 2013)Pembelajaran model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dilaksanakan di SDN 4 Asembagus pokok bahasan Proses Pembentukan Tanah. Model SEQIP digunakan untuk mengatasi masalah belajar di kelas V SDN 4 Asembagus. ... -
MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY (INKUIRI BEBAS) DALAM PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI FISIKA DI MAN 2 JEMBER
Meylinda Putri, Anggarita; Ketut Mahardika, I; Nuriman (UNEJ, 2014)Tujuan dari penelitian ini adalah: mengkaji adanya perbedaan yang signifikan kemampuan representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar antara kelas yang menggunakan model free inquiry dan kelas kontrol. Mengkaji adanya ... -
Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya Kelas V SDN Glundengan 01 Wuluhan Jember
Putra Kirnando, Yusdianto; Bektiarso, Singgih; Nuriman (UNEJ, 2012)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ... -
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014
Ananda Nisa, Rizki; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2013)Pembelajaran IPA di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi lebih sering menggunakan metode cceramah dan belum pernah menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil ... -
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2014/2015
Sandhy Pradata; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ... -
Penerapan Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Siswa Kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Riski Syamsi; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan kurang bervariasinya penggunaan ... -
Penerapan Metode Penemuan dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Panca Indera Manusia di Kelas IV Sd Negeri Kaliwining 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Surya Dharma Suwara, Yayan; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2013)Penelitian ini memaparkan proses pembelajaran menggunakan metode penemuan pada materi panca indera manusia yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember pada Pokok Bahasan Peristiwa Alam Tahun Pelajaran 2012/2013
Syahriyatul Mukarromah, Anis; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2013)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Rowotamtu 02 Jember pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah yang berhasil diidentifikasi ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Hubungan Antar Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016
Wilda Nurul Ma’rufi; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video pada pelajaran IPA pokok bahasan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V
Ninda Elisa; Nuriman; Mutrofin (UNEJ, 2013)Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Siswa Kelas V di SD Kartika IX – 1 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
Pungki Tri Asmoro; Nuriman; Mutrofin (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Kartika IX – 1 Jember melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran IPA pokok bahasan Penyesuaian diri mahluk hidup. ... -
Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Rochiqul Machthumah; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2014)Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. ... -
Pengaruh Metode Discovery Disertai Penggunaan Media Kartu Kwartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di SDN Sempolan 01 Jember
SUSILOWATI, Dian Anggraeni , Nuriman, Mutrofin,; SUSILOWATI, Dian Anggraeni; Nuriman; Mutrofin (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sempolan 01 Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode discovery disertai penggunaan media kartu kwartet terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ... -
Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV SDN Ambulu 01 Jember
Dwi Andriyanti; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2016)IPA adalah suatu ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pengamatan sesuai dengan prosedur yang tepat. Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang sesuai diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA yaitu ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember
Dedy Alviyan; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2016)Pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak dilakukan secara konvensional. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa ... -
Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015
Firda Winda Sari; Nuriman; Mutrofin (UNEJ, 2015)Kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna jika seorang guru mampu menciptakan bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk menemukan suatu konsep. Pendekatan Keterampilan proses merupakan salah satu ... -
Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Di SD Negeri
Izmy Ayu Safitri; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2015)Setiap proses pembelajaran menuntut guru untuk kreatif dalam mengaktualisasikan kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. ... -
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Reny Lavenia; Nuriman; Sihono (UNEJ, 2016)Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing adalah strategi yang menuntut siswa menemukan jawaban dari sesuatu yang ingin diketahui secara ilmiah dan gaya belajarnya sendiri dengan bimbingan guru. Pada pembelajaran inkuiri ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Eksperimen pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas, Gerak, Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa kelas III SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember Tahun 2013/2014
Putra Candra Aditya; Nuriman; Agustiningsih (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalsari 1 Ambulu Jember dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA pokok bahasan ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas Melalui Metode Penemuan Terbimbing
Rini Nur Arifin; Nuriman; Agustiningsih S (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Kokap 02 Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok ...