• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DEDY ALVIYAN.odt (360.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    Dedy Alviyan
    Nuriman
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak dilakukan secara konvensional. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa hanya mengingat berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkan dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dipilih suatu model pembelajaran Quantum Teaching yang mampu mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.0. Hasil analisis dengan uji-t diperolehdengan tingkat keefektifan relatif 65,85%. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa >yaitu 5,727 > 1,994, dengan demikian hipotesis nihilyang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74315
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository