dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pendapatan usaha susu sapi
perah pada Koperasi Peternak Galur Murni, (2) mengetahui kelayakan finansial
usaha susu sapi perah pada Koperasi Peternak Galur Murni dan (3) mengetahui
strategi pengembangan usaha yang tepat untuk diterapkan usaha susu sapi perah
pada Koperasi Peternak Galur Murni Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.
Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive method).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan
analitik. Metode pengambilan contoh dalam penelitian ini teknik total sampling
dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis pendapatan, analisis kelayakan finansial dengan kriteria NPV, Net B/C,
Gross B/C, IRR, PR serta PP, serta penggunaan analisis SWOT.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Pendapatan usaha susu sapi perah
pada Koperasi Peternak Galur Murni pada tahun 2011 adalah menguntungkan
yakni sebesar sebesar Rp. 237.856.333,33,. Biaya produksi yaitu terdiri dari biaya
variabel dan biaya operasional selama proses produksi tanpa memperhitungkan
biaya investasi yaitu sebesar Rp. 338.343.666,67 dan penerimaan yang diterima
yaitu hanya dari penjualan susu segar dari 43 ekor sapi dengan rata- rata produksi
10 liter/ekor/hari dengan harga jual susu sebesar Rp. 4.000/liter, sehingga
penerimaan yang diterima selama setahun pada tahun 2011 yaitu sebesar Rp.
576.200.000,00 ; (2) Usaha susu sapi perah pada koperasi peternak Galur Murni
di Kecamatan Sumberbaru secara finansial layak untuk diusahakan dengan kriteria
investasi NPV positif sebesar Rp. 8.786.989.669,31, Net B/C sebesar 10,40, Gross
B/C sebesar 3,18, IRR sebesar 79,8%, PR sebesar 5,85 dan jangka waktu
pengembalian modalnya adalah 8 bulan 20 hari yang berlaku pada tingkat suku
bunga 13,25%. (3) Usaha susu sapi perah pada Koperasi Peternak Galur Murni
Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember berada pada posisi white area dan
kondisi pertumbuhan melalui konsentrasi dan diversifikasi serta dapat
menggunakan strategi SO yaitu dengan cara meningkatkan jumlah produksi,
menjaga hubungan baik dengan lembaga yang bermitra dan menciptakan inovasi
baru serta memperluas daerah pemasaran agar dapat menarik minat konsumen
kepada produk yang dihasilkan oleh usaha susu sapi perah pada koperasi peternak
Galur Murni. | en_US |