Show simple item record

dc.contributor.authorLeny Ocktalia
dc.date.accessioned2014-11-04T01:57:50Z
dc.date.available2014-11-04T01:57:50Z
dc.date.issued2014-11-04
dc.identifier.nimNIM100210402065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59928
dc.description.abstractPengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di MAN Bondowoso, dimulai pada tanggal 22 Februari 2014 untuk tahap observasi dan tanggal 16-24 Mei 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 44 siswa perempuan kelas X6. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi yaitu: (1) pada tahap think, siswa membaca teks bacaan dan menelaah (memikirkan) teks bacaan untuk menemukan kesalahan yang ada dalam teks bacaan baik dari segi diksi, ejaan, kalimat efektif, judul dan struktur karangan secara individu; (2) pada tahap talk, siswa berdiskusi dengan anggota kelompok untuk membahas hasil suntingan yang ditemukan saat proses think. Selanjutnya, siswa mempresentasikan hasil diskusi untuk menentukan ketepatan sturktur karangan, judul diksi, ejaan, dan kalimat efektif dalam teks bacaan; dan (3) pada tahap write, siswa menyimak video dan menentukan fakta-fakta dalam video. Selanjutnya, siswa menulis kerangka karangan dan mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi. Tahap write dilaksanakan pada pertemuan kedua setelah tahap think dan talk dilaksanakan pada pertemuan pertama. Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 71,52 pada siklus I menjadi 81,20 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 54,6% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 24 orang, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 20 orang. Pada siklus II, jumlah siswa yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 35 orang. Siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 9 orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402065;
dc.subjectThink Talk Write, Media Audio Visual, Argumentasi Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X6 MAN BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record