Show simple item record

dc.contributor.authorErly Haniyati Nisak
dc.date.accessioned2014-11-04T00:49:03Z
dc.date.available2014-11-04T00:49:03Z
dc.date.issued2014-11-04
dc.identifier.nimNIM100210402060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59924
dc.description.abstractKesimpulan dari hasil pembahasan penelitian menunjukkan bahwa setiap tuturan dalam interaksi jual-beli di pasar mengandung beberapa jenis tindak tutur. Namun, tututran yang sering digunakan dalam interaksi jual-beli di pasar yaitu tuturan menawar. Hal tersebut dikarenakan adanya keinginan antara pembeli dan penjual untuk berinteraksi tawar-menawar di pasar. Penjual maupun pembeli menggunakan strategi tawar-menawar dalam interaksi jual-beli dan strategi tawarmenawar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Strategi menawar dengan gaya akrab dan gaya ancaman sering digunakan oleh pembeli dalam interaksi jual-beli di pasar. Strategi tawar-menawar tersebut digunakan oleh penjual maupun pembeli agar pesan yang disampaikan penutur dapat tersampaikan dengan baik kepada lawan tutur. Tindak tutur yang berlangsung dalam interaksi jualbeli di pasar juga menggunakan kesantunan berbahasa. Kesantunan berbahasa tersebut secara tidak langsung digunakan penutur agar mitra tutur merasa dihargai serta dihormati sehingga tidak ada yang dirugikan. Adapun saran dalam penelitian ini bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan untuk melakukan penelitian yang mengkaji ilmu pragmatik. Selain itu, diperlukan ketekunan dan ketelitian peneliti dalam mencatat data yang berupa tuturan untuk mendapatkan data yang valid.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402060;
dc.subjectStrategi tawar-menawar, Jual-Belien_US
dc.titleTINDAK TUTUR BERBAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI JUAL-BELI DI PASAR MINGGU TAMANAGUNG BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record