dc.description.abstract | Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Siswa Kurikulum 2013
untuk SMP kelas VII berdasarkan rumusan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif yang didahului dengan pengembangan
instrumen analisis kesesuaian buku. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan
dengan cara memberikan gambaran mengenai isi buku siswa matematika tersebut.
Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku, lembar validasi
bahasa instrumen analisis kesesuaian buku, serta lembar validasi isi instrumen
analisis kesesuaian buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan metode angket. Waktu penelitian mulai dari validasi intrumen dan
analisis buku siswa dilakukan pada bulan Februari hingga Mei 2014.
Hasil validasi bahasa pertanyaan instrumen penilaian buku siswa
mendapatkan nilai rata-rata untuk semua kriteria penilaian dari seluruh validator
sebesar 2,92, sedangkan untuk validasi isi mendapatkan nilai sebesar 3,46. Dari hasil
tersebut instrumen penilaian buku siswa dinyatakan valid dan bisa digunakan sebagai
alat penilaian buku siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian kompetensi buku sebesar
86,97% dengan kategori sangat sesuai, kesesuaian materi sebesar 87,27% dengan
kategori sangat sesuai, kesesuaian dengan pendekatan scientific sebesar 87,50%
dengan kategori sangat sesuai, dan kesesuaian dengan penilaian autentik sebesar
69,10% dengan kategori sesuai. | en_US |