dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi
listrik dinamis dengan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode
Demonstrasi kelas X-2 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1
Pakusari Jember dengan jumlah siswa 32 orang. Disain penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus 2 dan
siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa pada
siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,558 yang merupakan kategori
peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,568 yang merupakan kategori
peningkatan sedang juga. Pembelajaran fisika tidak pernah lepas dari proses sehingga
aktivitas belajar siswa juga dianalisis. Aktivitas belajar menunjukkan adanya
peningkatan dilihat dari keaktifan siswa. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar
siswa sebesar 17,18%, kemudian pada siklus 1 persentase aktivitas belajar siswa naik
menjadi 50,62%, dan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi
60,93%.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan
hasil belajar IPA-fisika siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Pakusari Jember
menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode Demonstrasi
mengalami peningkatan. | en_US |