Show simple item record

dc.contributor.authorRois Amrullah Akbar
dc.date.accessioned2014-11-03T03:10:29Z
dc.date.available2014-11-03T03:10:29Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210103056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59886
dc.description.abstractTujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh positif strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar semester genap tahun ajaran 2013/2014. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket motivasi ARCS pada awal dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS. Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan pre-test dan posttest, kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dengan menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov dan dilanjutkan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil belajar ranah afektif penilaiannya dilakukan oleh observer tiap pertemuan baik itu kelas kontrol dan eksperimen. Selanjutnya data itu diuji dengan menggunakan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji ANAKOVA. Analisis motivasi belajar siswa terdiri atas aspek Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh sangat signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Attention, berpengaruh sangat signifikan (p = 0,004) terhadap motivasi aspek Relevance, berpengaruh sangat signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Confidence, dan berpengaruh sangat signifikan (p = 0,002) terhadap motivasi aspek Satisfaction. Hal itu dikarenakan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar di dalamnya terdapat unsur permainan yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Analisis hasil belajar siswa terdiri atas ranah kognitif dan afektif. Strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh signifikan (p = 0,043) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, dengan selisih rerata kelas eksperimen (39,74) lebih besar daripada kelas kontrol (35,38) dan berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif (p = 0,003), dengan selisih rerata kelas eksperimen (14,8) lebih besar daripada kelas kontrol (9,05). Hal itu dikarenakan motivasi siswa yang besar untuk belajar sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210103056;
dc.subjectIndex Card Match (ICM), Media Gambar, Motivasi dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record