Show simple item record

dc.contributor.authorRita Sulvianti
dc.date.accessioned2014-11-03T02:57:49Z
dc.date.available2014-11-03T02:57:49Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210103006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59885
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan Dunia Tumbuhan (Plantae) kelas X SMA Negeri 1 Jenggawah, (2) untuk mengetahui kevalidan/kelayakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan Dunia Tumbuhan (Plantae) yang ditujukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jenggawah untuk digunakan dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, instrumen tes hasil belajar dan buku siswa. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Dick & Carey (1985) yang terdiri dari 8 tahapan yaitu dari tahap identifikasi kebutuhan instruksional dan penulisan tujuan instruksional umum sampai tahap desain dan pelaksanaan evaluasi formatif. Pada tahap pelaksanaan evaluasi formatif terdapat fase perorangan (kegiatan validasi) yang dilakukan oleh enam validator. Fase uji kelompok kecil yaitu uji tingkat keterbacaan dan kesulitan buku siswa dan uji tingkat kesulitan tes hasil belajar yang diujikan pada 9 siswa kelas XI IPA. Fase uji lapangan skala terbatas diujikan di kelas X.4 dengan jumlah 34 siswa. Pada kegiatan validasi diperoleh hasil rata-rata validasi perangkat pembelajaran yaitu silabus sebesar 2,8 (valid), RPP sebesar 2,8 (valid), THB sebesar 3,9 (cukup valid) dan buku siswa sebesar 3,5 (valid). Hasil uji kelompok kecil yaitu uji tingkat keterbacaan dan kesulitan buku siswa dengan persentase sebesar 85,19 % dan uji tingkat kesulitan tes hasil belajar dengan persentase 85,19 %. Hasil uji lapangan skala terbatas pada pertemuan pertama sampai keempat yaitu aktivitas guru 70,5 %; 81,82%; 91 %; 95,45% dan aktivitas siswa 68,97%; 70,12%; 80,15%; 85,29%. Penilaian ranah kognitif dengan rata-rata nilai pre test 51,8 dan post test 82,3 dengan kenaikan 65,4 %. Penilaian ranah afektif dari pertemuan pertama sampai keempat yaitu 67,6 %; 71,3 %; 83,1 5; 89,95 %. Penilaian ranah psikomotor, pada keterampilan pertama sebesar 97,9 % dan kedua 100 %. Respon siswa terhadap pengembangan perangkat dalam pembelajaran sebesar 87,63 %. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan didapatkan kualitas perangkat pembelajaran dengan hasil valididtas baik dan valid. Nilai kepraktisan pembelajaran dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan nilai keefektifan pembelajaran dengan mancapai aktivitas siswa ≥ 80 %, hasil belajar dengan kenaikan 65,4 % dan hasil respon siswa yang ≥ 80 %.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210103006;
dc.subjectModel Problem Based Learning (PBL), Bahasan Dunia Tumbuhan (Plantae)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA POKOK BAHASAN DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) KELAS X SMA NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record