Show simple item record

dc.contributor.authorPuput Dewi Lestari
dc.date.accessioned2014-11-03T02:53:55Z
dc.date.available2014-11-03T02:53:55Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM070210103108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59883
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalahmenguji pengaruh penggunaan perbedaan metode eksperimen berbasis inkuiri dan eksperimen berbasis verifikasi dalam praktikum terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh, Banyuwangi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, daninstrumen tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dimana dalam penelitian ini terhadap objek kontrol yang merupakan objek yang tidak dikenai perlakuan dan digunakan untuk membandingkan pengaruh pembelajaran dan perlakuan kelompok merupakan kelompok objek yang dikenai perlakuan.Penentuan sekolah tempat penelitian telah ditentukan sebelumnya oleh peneliti yakni SMP Negeri 1 Singojuruh. Penentuan populasi, yaitu seluruh siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh. Metode pengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data antara lain dengan penerapan pembelajaraneksperimenberbasisinkuiridaneksperimenberbasisverifikasi, menghitung aktivitas siswa selama proses belajar mengajardanbelajarsiswa. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol (metode eksperimen verifikasi) dengan peningkatan rerata 48,09 dari skor 27,15 meningkat menjadi 75,24. Sedangkanpadakelaseksperimen (metode eksperimeninkuiri) denganpeningkatanrerata 41,64dariskor37,30 meningkatmenjadi78,94.Aktivitasbelajarsiswakelaskontrolmengalamipeningkatanbila dibandingkandenganpertemuan II yaitudariskor 68 dengankriteriacukupaktifmenjadi 72 dengankriteriaaktifpadapertemuan III. Berbedapadakelaseksperimentingkataktivitasbelajarsiswamengalamipenurunanbiladib andingkandenganpertemuan II yaitudariskor 73 dengankriteriaaktifmenjadi 68 dengankriteriacukupaktifpadapertemuan III.Hubungankeaktifan belajar dengan hasil belajar siswa memilikinilaikorelasi(r) sebesar 0,267 artinyaterdapathubunganantarakeaktifanbelajardenganhasilbelajarbiologisiswa. Berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh perbedaan metode eksperimen inkuiri dan metode eksperimen verifikasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa serta ada hubungan antara keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII tahun ajaran 2013/2014 SMPN 1 Singojuruh, Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103108;
dc.subjectMetode Eksperimen Berbasis Inkuiri, Berbasis Verifikasi, Praktikumen_US
dc.titlePENGARUH PERBEDAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI DAN EKSPERIMEN BERBASIS VERIFIKASI DALAM PRAKTIKUM TERHADAP TINGKAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGOJURUH, BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record