Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIA FATMAWATI
dc.date.accessioned2014-11-03T02:03:23Z
dc.date.available2014-11-03T02:03:23Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210103081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59871
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kelayakan buku siswa yang dikembangkan, (2) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan buku siswa yang dikembangkan, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan buku siswa yang dikembangkan. Penelitian dilakukan pada kelas VII A SMP Negeri 2 Jenggawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa, hasil penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa, hasil belajar kognitif dan afektif, serta hasil pengisian angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata validasi buku siswa berbasis Problem Based Learning oleh tiga ahli dan tiga pengguna mencapai 76,67% dan 90,62%, artinya buku siswa yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan sangat layak. Rata-rata hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa dengan responden sembilan siswa memperoleh persentase sebesar 84,41% yang artinya buku siswa termasuk dalam kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap buku siswa yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 81,53% yang artinya siswa merespon positif buku siswa yang dikembangkan. Adapun hasil uji coba buku siswa berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 13,68 dengan persentase peningkatan mencapai 38,74% serta persentase peningkatan hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif sebesar 60,54% dan 16,30%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210103081;
dc.subjectProblem Based Learning, Bahasan Interaksi, Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JENGGAWAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record