dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPAbiologi
pada siswa kelas VIIA. Pada Peningkatan motivasi belajar siswa diukur pada
aspek attention, relevance, confidence dan satisfaction dengan hasil motivasi pada
pra siklus ke pasca siklus II mengalami peningkatan, untuk aspek attention dengan
nilai rata-rata capaian sebesar 19,86 pada hasil pra siklus menjadi 25,18 rata-rata pada
pasca siklus II dengan peningkatan sebesar 5,32; pada aspek relevance dengan nilai
rata-rata nilai pra siklus sebesar 15,48 menjadi 21,54 pada pasca siklus II dengan
peningkatan hasil sebesar 6,06; sedangkan aspek confidence nilai rata-rata pra siklus I
sebesar 19,10 menjadi 24,24 pada hasil pesca siklus II dengan peningkatan sebesar
5,14; dan untuk hasil aspek satisfaction pada pra siklus dengan rata-rata 20,24
menjadi 22,08 pada rata-rata hasil pasca siklus II meningkat sebesar 1,84.
Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari hasil belajar kognitif siswa,
peningkatan pada siklus I dengan rerata kelas 60,94 menjadi 78,05 dengan
peningkatan nilai sebesar 17,11 sedangkan dari siklus I dengan rerata 78,05 menjadi
83,02 pada siklus II dengan peningkatan nilai sebesar 4,98. Merujuk dari hasil yang
didapat, maka pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan sudah
memenuhi kriteria ketuntasan klasikal serta dapat dihentikan karena telah sesuai
dengan tujuan pelaksanaan dari kegiatan penelitian ini.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan pada
penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran inquiri terbimbing (Guided Inquiry)
dengan pendekatan sains, teknologi dan masyarakat (STM) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar pada pelajaran IPA biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 2
Jenggawah Kabupaten Jember. | en_US |