Show simple item record

dc.contributor.authorAkhmad Ferdiansyah
dc.date.accessioned2014-11-03T01:28:18Z
dc.date.available2014-11-03T01:28:18Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210103026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59858
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPAbiologi pada siswa kelas VIIA. Pada Peningkatan motivasi belajar siswa diukur pada aspek attention, relevance, confidence dan satisfaction dengan hasil motivasi pada pra siklus ke pasca siklus II mengalami peningkatan, untuk aspek attention dengan nilai rata-rata capaian sebesar 19,86 pada hasil pra siklus menjadi 25,18 rata-rata pada pasca siklus II dengan peningkatan sebesar 5,32; pada aspek relevance dengan nilai rata-rata nilai pra siklus sebesar 15,48 menjadi 21,54 pada pasca siklus II dengan peningkatan hasil sebesar 6,06; sedangkan aspek confidence nilai rata-rata pra siklus I sebesar 19,10 menjadi 24,24 pada hasil pesca siklus II dengan peningkatan sebesar 5,14; dan untuk hasil aspek satisfaction pada pra siklus dengan rata-rata 20,24 menjadi 22,08 pada rata-rata hasil pasca siklus II meningkat sebesar 1,84. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari hasil belajar kognitif siswa, peningkatan pada siklus I dengan rerata kelas 60,94 menjadi 78,05 dengan peningkatan nilai sebesar 17,11 sedangkan dari siklus I dengan rerata 78,05 menjadi 83,02 pada siklus II dengan peningkatan nilai sebesar 4,98. Merujuk dari hasil yang didapat, maka pembelajaran pada siklus I dan siklus II dapat dikatakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal serta dapat dihentikan karena telah sesuai dengan tujuan pelaksanaan dari kegiatan penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan pada penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran inquiri terbimbing (Guided Inquiry) dengan pendekatan sains, teknologi dan masyarakat (STM) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran IPA biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Jenggawah Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210103026;
dc.subjectInquiri Terbimbing, Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM), Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Jenggawah Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record