Show simple item record

dc.contributor.authorWarid Fadlillah Faqih
dc.date.accessioned2014-11-03T01:23:20Z
dc.date.available2014-11-03T01:23:20Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59856
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengkaji adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri I Tanggul dengan penerapan Isu Kontroversial pada pembelajaran sejarah; 2) Mengkaji adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri I Tanggul dengan penerapan Isu Kontroversial pada pembelajaran sejarah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tangggul, dengan jumlah 30 peserta didik. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). menggunakan skema dari Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas peserta didik masih malu-malu, takut dan ragu, sedangkan pada siklus II peserta didik sudah mampu untuk bertanya, berpendapat, menyimpulkan dan merefleksiakan tetapi masih belum optimal, dan pada siklus III peserta didik mampu untuk bertanya, berpendapat dan merefleksi. Pada peningkatan rata-rata hasil belajar sejarah pada siklus I 70,93 meningkat 8,85% dari hasil belajar kogitif pra siklus 65,17%. Pada siklus II 76,23 meningkat 7,47% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 79,3 meningkat 4,02% dari hasil belajar kogitif siklus II. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran isu kontroversial di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tanggul; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran isu kontroversial di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tanggul yaitu pada siklus I, II, III.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302008;
dc.subjectPelajaran Sejarah, Pembelajaran Isu Kontroversialen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 1 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record