dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
Kelas X6 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMAN 1 Pakusari Melalui Pemanfaatan
Media Teknologi Web Blog; (2) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X6
Pada Mata Pelajaran Sejarah Sman 1 Pakusari Melalui Pemanfaatan Media Teknologi
Web Blog.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Pakusari,
dengan jumlah 35 siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). menggunakan
skema dari Kemmis dan Mc. Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap
siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian digunakan metode
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan
siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I keaktifan siswa saat
bertanya masih malu-malu dan masih ragu dengan jawabannya, sedangakan pada
siklus II siswa sudah tidak malu untuk bertanya akan tetapi masih belum optimal, dan
pada siklus III siswa mulai tidak malu dan tidak ragu dalam bertanya. Siswa sudah
mampu memahami materi dengan cukup baik sehingga siswa dapat menganalisis soal
yang telah diberikan oleh guru pada saat pelaksanaan pembelajaran. Pada
peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus I 75,8% meningkat 9,3% dari hasil
belajar kogitif pra siklus 69,31%. Pada siklus II 80,85% meningkat 6,65% dari hasil
belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 83,25% meningkat 2,9% dari hasil belajar
kogitif siklus II.
Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan keaktifan siswa melalui
pemanfaatan media pembelajaran teknologi web blog di kelas X6 SMA Negeri 1
Pakusari; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media
pembelajaran teknologi web blog di kelas X6 SMA Negeri 1 Pakusari yaitu pada
siklus I, II, III. | en_US |