Show simple item record

dc.contributor.authorRadna Dwi Astuti
dc.date.accessioned2014-11-03T00:45:45Z
dc.date.available2014-11-03T00:45:45Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59850
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir, dengan jumlah 33 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart berbentuk spiral dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Dalam memperoleh data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik mendapat skor 2,81 dengan kriteria sedang, meningkat sebesar 0,64 pada siklus 2 menjadi 3,45 dengan kriteria tinggi. Pada siklus 3 meningkat lagi sebanyak 0,43 dari 3,45 menjadi 3,88 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar (kognitif) peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 hasil belajar peserta didik memperoleh ketuntasan 72,73% meningkat 12,12% pada siklus 2 dengan ketuntasan sebesar 84,85%. Pada siklus 3 meningkat lagi dengan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94,94%. Aspek psiomotorik dinilai dari tulisan yang dihasilkan peserta didik pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 73,33%. Pada siklus 2 memperoleh persentase sebesar 79,24% sehingga meningkat sebanyak 5,81%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 1,97% menjadi 81,21%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014; (2) penerapan Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir Tahun Ajaran 2013/2014.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302041;
dc.subjectStrategi SQ3R, Metode Buzz Group, Motivasi dan Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X-IIS 2 SMAN KUNIR-LUMAJANG TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record