Show simple item record

dc.contributor.authorFajar Shidiq Sofyan Heru
dc.date.accessioned2014-10-31T02:49:47Z
dc.date.available2014-10-31T02:49:47Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM090210302059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59837
dc.description.abstractPermasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?; (2) bagaimana komponen-komponen sistem pendidikan jaman kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?; (3) bagaimana penyelenggaraan pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942; (2) mendeskripsikan komponenkomponen sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942; (3) mendeskripsikan penyelenggaraan kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) bagi penulis, penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sejarah mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang pernah diberlakukan di Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (2) bagi pembaca, dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang pernah diberlakukan di Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (3) bagi Almamater FKIP Universitas Jember, penelitian ini merupakan wujud kongkrit pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Dharma penelitian dan dapat menjadi tambahan koleksi kepustakaan Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat langkah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, memang tidak bisa terlepas dari (a) ciri-ciri pendidikan kolonial Belanda; (b) kebijakan gubernur jenderal Belanda terhadap sistem pendidikan di Indonesia. (2) komponen-komponen sistem pendidikan pada jaman kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a) tujuan pendidikan; (b) kurikulum; (c) peserta didik; (d) pendidik atau guru; (e) anggaran pendidikan; (f) lulusan atau tamatan. (3) penyelenggaraan pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a) bentuk dan jenis-jenis sekolah jaman kolonial Belanda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210302059;
dc.subjectPendidikan, Kolonial Belanda, Indonesiaen_US
dc.titleSISTEM PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DI INDONESIA TAHUN 1900-1942en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record