Show simple item record

dc.contributor.authorElis Prama Gustiningrum
dc.date.accessioned2014-10-31T02:42:27Z
dc.date.available2014-10-31T02:42:27Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM100210302064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59834
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang merupakan suatu rangkaian proses yang digunakan untuk mengembangkan suatu produk baru atau memperbaiki produk yang telah ada sebelumnya. Dalam mengembangkan suatu produk, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model desain pembelajaran ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yakni: (1) analisis peserta didik; (2) merumuskan tujuan pembelajaran dan kompetensi; (3)memilih metode, media dan bahan pembelajaran; (4) menggunakan media dan bahan pembelajaran; (5) mengaktifkan keterlibatan peserta didik; (6) evaluasi dan revisi. Produk yang telah dihasilkan berdasarkan tahapan proses dalam model desain pembelajaran ASSURE diatas, kemudian di uji cobakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwamedia animasi dengan Macromedia Flash pada pembelajaran sejarah berdasarkan penilaian ahli media pembelajaranberada pada kualifikasi cukup dengan persentase penilaian sebesar 68%, hasil peniliaian ahli isi materi pembelajaranmenunjukkan 78,33% media pembelajaran ini berada pada kualifikasi baik serta 76% hasil penilaian ahli bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil dengan responden peserta didik kelas X MIPA 4 menujukkan 80,11% media pembelajaran yang telah direvisi berada pada kualifikasi baik serta hasil uji coba lapangan dengan responden pendidik menunjukkan 88% media pembelajaranberada pada kualifikasi sangat baik serta 81,3% hasil penilaian peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi baik. Kesimpulan yang dapat diambil secara garis besar dalam penelitian ini adalah media animasi dengan Macromedia Flash dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi pendidik pada mata pelajaran sejarah dalam memvariasiakan pembelajaran yang digunakan. Selain itu desain animasi pada media pembelajaran ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah materi pembelajaran sejarah agar lebih menariksesuai dengan karakteristik peserta didik dan alokasi waktu dalam pembelajaran sejarah.Adapun saran yang hendak penulis kemukakan bahwamedia pembelajaran dalam bentuk media animasi Macromedia Flash dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran sejarah guna melengkapi media pembelajaran lainnya baik berupa berupa buku, lembar kerja siswa, peta dan lain sebagainya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302064;
dc.subjectMedia Animasi, Macromedia Flash, Pembelajaran Sejarahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MENGGUNAKAN MODEL ASSUREen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record