Show simple item record

dc.contributor.authorYOELINDA PRADO CASSIDY
dc.date.accessioned2014-10-31T02:18:47Z
dc.date.available2014-10-31T02:18:47Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM090210301098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59826
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo mata pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen transaksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo yang terletak di daerah Kota Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan Siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang telah diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan dan mengolah data hasil observasi yang telah dilaksanakan. Hasil observasi sebelum tindakan pada kelas X Akuntansi 1 untuk motivasi dan kemandirian belajar siswa diperoleh skor rata-rata 1,8 dengan kategori rendah tetapi setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 2,92 dengan kategori sedang dan untuk skor rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 2,96 dengan kategori sedang. Pelaksanan pada siklus I masih dikatakan belum optimal maka guru dan peneliti melanjutkan pada siklus II. Hasil observasi pada pelaksanaan tindakan siklus II, motivasi dan kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,55 dalam kategori tinggi dengan peningkatan 0,63 sedangkan skor rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 3,51 dalam kategori tinggi dengan peningkatan 0,55. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis blog dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo mata pelajaran produktif akuntansi keuangan kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen transaksi semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210301098;
dc.subjectmedia pembelajaran berbasis blog, motivasi belajar siswa dan kemandirian belajar siswaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Probolinggo Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Dokumen Transaksi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record