dc.description.abstract | Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar melalui metode
demonstrasi mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suatu Bangsa dan Budaya
di SDN Tegal Gede 02 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Skor aktivitas belajar siswa sebelum menerapkan media gambar melalui metode
demonstrasi sebesar 47,38, sedangkan skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,89
dan skor pada siklus II sebesar 77,5 yang masuk dalam kategori tinggi.
Sedangkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media gambar melalui
metode demonstrasi memiliki ketuntasan belajar sebesar 46,08%, pada siklus I
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54,17%, dan pada siklus II
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hasil belajar siswa kelas IV
di SDN Tegal Gede 02 Jember mengalami peningkatan setelah penggunaan media
gambar melalui metode demonstrasi.
Jadi, dengan adanya hasil penelitian tersebut saran yang dapat peneliti berikan
yaitu pihak sekolah agar terus meningkatkan media dan metode pembelajaran yang
digunakan salah satunya menggunakan media gambar dengan media demonstrasi. Hal
ini dikarenakan metode demonstrasi dengan menggunakan bentuk gambar dapat
dikembangkan disekolah, mengingat metode ini dapat membuat siswa lebih
aktif dan melatih siswa untuk lebih percaya diri ketika maju berdemonstrasi di
depan kelas dan melatih siswa untuk berkomunikasi dengan banyak orang. | en_US |