dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus, persentase
motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 37,3% yang tergolong rendah dan ratarata
hasil belajarnya 64,6 dengan kuantifikasi cukup. Pada siklus I, persentase
motivasi belajar siswa klasikal meningkat menjadi 72,4%, yang tergolong dalam
kriteria tinggi dan rata-rata hasil belajarnya sebesar 70,25 dengan kuantifikasi
memuaskan. Sedangkan pada siklus II, persentase motivasi belajar siswa secara
klasikal sebesar 90%, yang tergolong sangat tinggi dan rata-rata hasil belajarnya
sebesar 82,34 dengan kuantifikasi sangat memuaskan.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pokok
bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Gede 01 Jember.
Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah hendaknya guru
dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray tidak
hanya pada mata pelajaran IPS tetapi juga pelajaran lain, agar siswa semakin
termotivasi dan hasil belajar dapat ditingkatkan. | en_US |