dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SDN Kemuningsari Kidul 01 Kecamatan
Jenggawah Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian yaitu kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri 13 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru kelas V
SDN Kemuningsari Kidul 01. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian tindakan yang
meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan
refleksi (reflection). Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V
pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada mata pelajaran IPA di SDN
Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah. Peningkatan motivasi belajar siswa yang
diperoleh pada siklus I sebesar 67,92% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi
78,8% (tinggi). Rata-rata skor hasil belajar siswa sebelum menerapkan model
pembelajaran Quantum Teaching adalah sebesar 61,4 (cukup), setelah pelaksanaan
siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 72,52
(baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,24 (sangat baik).
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, bahwa model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pokok
bahasan peristiwa alam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01
Jenggawah. | en_US |