Show simple item record

dc.contributor.authorIntan Fiddiyah
dc.date.accessioned2014-10-30T08:04:55Z
dc.date.available2014-10-30T08:04:55Z
dc.date.issued2014-10-30
dc.identifier.nimNIM100210204110
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59797
dc.description.abstractHasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan volume kubus dan balok meningkat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus 1 dan siklus 2 yaitu pada siklus 1 sebesar 79,86% dengan kategori aktif dan pada siklus 2 sebesar 85,87% dengan kategori sangat aktif, sehingga aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,01% Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 71,68% dengan kategori baik dan nilai ratarata sebesar 71,7 sedangkan pada siklus 2 mencapai 83,68% dengan kategori sangat baik dan nilai rata-rata sebesar 83,7. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Jambearum 01 Puger. Saran-saran yang dapat diberikan: berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat membuat siswa tertarik, aktif dan senang mengikuti proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204110;
dc.subjectMatematika Realistik, Bahasan Volume Kubus dan Baloken_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JAMBEARUM 01 PUGER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record