dc.description.abstract | Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran
dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan volume kubus dan
balok meningkat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada
rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus 1 dan siklus 2 yaitu
pada siklus 1 sebesar 79,86% dengan kategori aktif dan pada siklus 2 sebesar
85,87% dengan kategori sangat aktif, sehingga aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,01% Persentase peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus 1 mencapai 71,68% dengan kategori baik dan nilai ratarata
sebesar 71,7 sedangkan pada siklus 2 mencapai 83,68% dengan kategori
sangat baik dan nilai rata-rata sebesar 83,7. Sehingga hasil belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 12%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan
matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN
Jambearum 01 Puger. Saran-saran yang dapat diberikan: berdasarkan hasil
penelitian, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik
dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat membuat
siswa tertarik, aktif dan senang mengikuti proses pembelajaran. | en_US |