Show simple item record

dc.contributor.authorNovita Budi Asih
dc.date.accessioned2014-10-29T06:33:10Z
dc.date.available2014-10-29T06:33:10Z
dc.date.issued2014-10-29
dc.identifier.nimNIM100910201075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59705
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif dan bersifat kausal atau sebab akibat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang yakni pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember yang terlibat dalam kepengurusan akta kelahiran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari data wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari file, buku, jurnal ilmiah atau sumber dokumen lain yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari variabel X (independen) yaitu profesionalisme kerja pegawai dan variabel Y (dependen) yaitu kualitas pelayanan. Profesionalisme pegawai dapat diukur dengan tiga indikator yaitu kemampuan pegawai, dedikasi pegawai dan etika profesi pegawai. Sedangkan kualitas pelayanan dapat diukur dengan lima indikator yaitu teamwork, kesesuaian skill dalam pekerjaan, perasaan tertekan dalam bekerja, konflik batin dan keraguan dalam tugas. Teknik pengumpulan data yang utama yaitu menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai variabel profesionalisme pegawai dinyatakan baik sebesar 85,71%. Variabel tersebut diukur dari indikator kemampuan pegawai sebesar 85,71% yang dinyatakan baik, dedikasi pegawai sebesar 78,57% yang dinyatakan baik dan etika pegawai sebesar 71,43% yang dinyatakan baik. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dinyatakan baik dengan nilai yang diperoleh sebesar 78,57%. Variabel tersebut diukur dari indikator teamwork 50% yang dinyatakan sedang, kesesuaian skill dalam pekerjaan 71,43% yang dinyatakan baik, perasaan tertekan dalam bekerja 53% yang dinyatakan baik, konflik batin 71,43% yang dinyatakan baik, dan keraguan dalam tugas 71,43% yang dinyatakan baik. Selanjutnya hasil analisis data dengan menggunakan Rank Spearman diperoleh rs hitung sebesar 0,690 yang menunjukkan lebih besar dari rs tabel 0,544. Berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil uji t-test dengan t- hitung sebesar 3,302 lebih besar dari t-tabel 2,145, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100910201075;
dc.subjectProfesionalisme Kerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiranen_US
dc.titlePENGARUH PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record