Show simple item record

dc.contributor.authorReny Agustina Sekarwati
dc.date.accessioned2013-12-07T04:16:13Z
dc.date.available2013-12-07T04:16:13Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM050210101361
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5956
dc.description.abstractPembelajaran matematika selama ini juga terkesan monoton dan tidak tampak kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang digunakan juga masih terlalu didominasi oleh peran guru (teacher centered). Guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai obyek dan bukan sebagai subyek. Pengajaran yang demikian mengakibatkan siswa hanya belajar secara prosedural dan kurang memperhatikan aktivitas siswa serta pengkonstruksian pengetahuan oleh siswa. Untuk itulah pendekatan dan strategi pembelajaran yang digunakan hendaknya membuat siswa aktif untuk mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuannya. Pembelajaran juga hendaknya terkait dengan kehidupan sehari- hari siswa sehingga pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan bagi siswa. Salah satu paradigma pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Pada pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM ini guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya dari realitas yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: untuk: (1) menelaah Penerapan Paradigma PAIKEM dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pokok Bahasan Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Semester Genap SMK MHI Bangsalsari Jember Tahun Ajaran 2009/2010; (2)untuk menelaah aktivitas siswa dan guru pada Penerapan Paradigma PAIKEM dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pokok Bahasan Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Semester Genap SMK MHI Bangsalsari Jember Tahun Ajaran 2009/2010; (3) untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti Penerapan Paradigma PAIKEM dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pokok Bahasan Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Semester Genap SMK MHI Bangsalsari Jember Tahun Ajaran 2009/2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK MHI Bangsalsari Jember tahun ajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan mulai tanggal 21 Mei s.d 1 Juni 2010. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian digunakan skema PTK model Kemmis dan Mc Taggart meliputi tahap perencanaan, pengamatan dan perlakuan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tiga aspek penilaian aktivitas pada pembelajaran I, diantaranya persentase aktif 80,39%, persentase inovatif 58,82% dan persentase kreatif sebesar 70,59%. Tiga aspek penilaian aktivitas pada pembelajaran II, diantaranya persentase aktif 100%, persentase inovatif 70,59% dan persentase kreatif sebesar 78,43. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 70,59% dan pada siklus II mencapai 85,2%. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan paradigma PAIKEM dengan model pembelajaran kooperatif berjalan dengan baik dan lancar. Aktivitas siswa semakin meningkat selama pelaksanaan pembelajaran pada masing-masing siklus. Dengan demikian, pembelajaran ini dapat dikatakan cukup berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101361;
dc.subjectParadigma PAIKEMen_US
dc.titlePENERAPAN PARADIGMA PAIKEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSISEMESTER GENAP SMK MHI BANGSALSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record