• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Company Management
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Company Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN DINAS PASAR KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Sita Fatmasari - 110803101040_1.pdf (78.21Kb)
    Date
    2014-10-24
    Author
    Sita Fatmasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan, serta datadata yang terkumpul mengenai Kualitas Pelayanan Dinas Pasar Kabupaten Jember, dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Pelayanan yang ada di pasar Kabupaten Jember meliputi Kebersihan (Sanitasi), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Keamanan dan Fasilitas Lain. Ke empat pelayanan tersebut cukup memenuhi syarat Pelayanan yang baik dan memuaskan bagi para pedagang maupun pembeli, tetapi sayangnya ada sedikit dari ke empat Pelayanan tersebut yang tidak tersedia di pasar Kabupaten Jember misalnya Kebersihan (Sanitasi) Tempat Cuci Tangan dan Desinfeksi Pasar tidak tersedia, dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi pedagang secara berkala minimal 6 bulan sekali dan pengelola, memahami dan mempunyai ketrampilan tentang hygiene sanitasi dan keamanan pangan (pernah mengikuti kursus/pelatihan di bidang sanitasi dan hygiene makanan dan pangan) juga tidak tersedia dan tersedia hidran air dan letak peralatan pemadam kebakaran mudah dijangkau dan ada petunjuk arah penyelamatan juga tidak tersedia. 2. Kualitas fisik di pasar Kabupaten Jember cukup memenuhi syarat yaitu tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Sumur bor dan septic tank di pasar Kabupaten Jember berjarak kurang lebih 10 meter. Tetapi sayangnya di pasar Kabupaten Jember tidak melakukan pengujian air bersih secara berkala, Sedangkan Kualitas makanan siap saji yang dijual di pasar harus sesuai dengan Kepmenkes nomor 942 tahun 2003 tentang makanan jajanan, yaitu: penjamah makanan berperilaku hidup bersih dan sehat dan memperhatikan hygiene, peralatan yang digunakan harus bersih dan bebas pencemaran, air yang digunakan harus memenuhi standar dan dimasak sampai mendidih, disajikan dalam wadah yang bersih dan aman bagi kesehatan serta tertutup dan di pasar Kabupaten Jember sudah memenuhi syarat untuk Kualitas Makanan dan Bahan Pangan sesuai Kepmenkes nomor 942 tahun 2003.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59552
    Collections
    • DP-Company Management [474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository