• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP PROBABILITAS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RUMAH MAKAN AYAM GEPHOK DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yulianti Liana Dewi - 100810201236_1.pdf (475.6Kb)
    Date
    2014-10-23
    Author
    Yulianti Liana Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Word of Mouth Marketing (WoMM) merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga banyak pebisnis yang menggunakan strategi pemasaran seperti periklanan. Hal ini membuat tingkat keinginan konsumen dalam memutuskan untuk membeli menjadi menurun. Pada situasi seperti ini, WoMM menjadi salah satu strategi pemasaran yang tanpa disadari digunakan oleh banyak perusahan dan menjadi cara yang paling efektif dalam menarik calon konsumen untuk membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui probabilitas Word of Mouth Marketing dalam mempengaruhi keputusan membeli dan tidak membeli konsumen Rumah Makan Ayam Gephok di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Objek pada penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan keputusan untuk membeli dan tidak pernah membeli Ayam Gephok di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 130 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel yang diteliti untuk mengukur Word of Mouth Marketing (WoMM) adalah Pembicara (talkers), Topik (topic), Alat (tools), Partisipasi Perusahaan (taking part), dan Pengawasan akan Hasil WoMM (tracking). Analisis pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap probabilitas keputusan pembelian konsumen Rumah Makan Ayam Gephok di wilayah perkotaan Jember menggunakan analisis regresi logistik, menilai Model Fit dan Estimasi Parameter. Untuk melihat Word of Mouth Marketing berpengaruh terhadap probabilitas keputusan pembelian, dapat diperoleh dengan menggunakan hasil analisis Uji Hosmer and Lemeshow dimana nilai Nagelkerke R Square sebesar 64,4%. Selain itu diperoleh hasil bahwa WoMM berpengaruh terhadap probabilitas keputusan konsumen untuk membeli sebesar 89,2%. Dan pada Variables in the Equattion, hasil analisis menunjukkan bahwa semua subvariabel WoMM memiliki signifikansi < 0,05. Sehingga diperoleh hasil bahwa variabel Word of Mouth Marketing memiliki pengaruh terhadap probabilitas keputusan pembelian konsumen Rumah Makan Ayam Gephok di wilayah perkotaan Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59523
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository