• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MAKNA GREEN MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA DI KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Bestaria herdiana - 100810201132_1.pdf (718.3Kb)
    Date
    2014-10-23
    Author
    Bestaria Herdiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini diharapkan mampu menguraikan ucapan, tulisan, dan atau perilaku yang disampaikan oleh informan. Data primer penelitian ini adalah pemak//naan konsumen terhadap Kentucky Fried Chicken (KFC) Jember dan data sekunder diambil dari jurnal ilmiah tentang green marketing, web resmi Kentucky fried chicken (KFC), dan data Kabupaten Jember, Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (in-dept interview). Penentuan informan dalam penelitian ini, menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria masyarakat Jember usia minimal 19 tahun keatas yang memahami pemasaran ramah lingkungan, dan pernah melakukan pembelian di KFC. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah delapan informan dengan umur dan profesi yang berbeda-beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ada beberapa poin. Pertama, produk ramah lingkungan dirasa penting karena berkaitan dengan kesehatan untuk jangka panjang dan menjamin ketersediaan bahan baku di alam. Kedua, green marketing atau pemasaran berbasis lingkungan dimaknai sebagai tanggung jawab social kepada masyarakat. Green marketing atau pemasaran berbasis lingkungan mencakup promosi berupa iklan yang menggunakan isu lingkungan, mencantumkan logo hijau, harga yang lebih mahal dari produk sejenisnya, produk yang sehat (aman dikonsumsi dan tidak mengandung zat kimia pada bahan baku maupun pada kemasannya), berasal dari bahan baku yang organik dan tidak merusak lingkungan, Green marketing atau pemasaran berbasis lingkungan harus menerapkan 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle. Ketiga, implementasi green marketing yang dilakukan oleh KFC yaitu promosi melalui iklan dengan menggunakan isu lingkungan, menggunakan logo hijau, melakukan daur ulang limbah tulang dan bulu ayam, melakukan pemilihan bahan baku dengan kualitas terbaik dan proses pengolahan yang sesuai dengan standard. Di samping itu, KFC juga menerapkan 3R (reduce, reuse, dan recycle). Namun, hal-hal tersebut dirasa belum maksimal dalam pelaksanaannya di kota jember serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59489
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository