Show simple item record

dc.contributor.authorMuhamad Farid Syakir
dc.date.accessioned2013-12-07T03:59:58Z
dc.date.available2013-12-07T03:59:58Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM050210101037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5941
dc.description.abstractPembelajaran yang menarik adalah pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk membuat pembelajaran yang menarik diperlukan media pembelajaran salah satunya adalat alat peraga matematika. Alat peraga matematika yang ada di Indonesia jumlahnya banyak sekali, tetapi guru matematika SMP jarang sekali menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan guru terhadap alat peraga matematika yang ada di Indonesia. Kurangnya pengetahuan guru terhadap alat peraga matematika disebabkan oleh tidak adanya sarana informasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai alat peraga matematika yang ada di Indonesia. Web dapat digunakan sebagai sarana informasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai alat peraga matematika yang ada di Indonesia. Media informasi alat peraga matematika SMP berbasis web yang akan dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada guru matematika dalam memperoleh infomasi mengenai alat peraga matematika serta membuat pembelajaran matematika menjadi semakin menarik sehingga siswa senang terhadap mata pelajaran matematika. Untuk memenuhi harapan tersebut maka media informasi alat peraga matematika yang dihasilkan harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu : interaktif, dinamis, pengorganisasian desain web, tampilan desain web, dan variasi tampilan desain web. Untuk membuat desain media alat peraga matematika SMP berbasis web diperlukan software dan bahasa pemrograman yang sesuai. Beberapa software dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Microsoft Windows XP Profesional, Adode Photoshop CS 2, Macromedia Flash Professional 8, XAMMP 1.7, Joomla 1.5, dan Movie Maker. Sedangkan spesifikasi hardware untuk menjalankan software- software tersebut adalah Prosessor Intel Pentium IV 3.0 GHz, Memory Ram 512 MB, DVD-ROM 52x, VGA Card 128 MB, dan Hard disk 80GB 7200 rpm. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi eksplorasi, angket dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi terhadap data kualitatif hasil wawancara dan analisis deskriptif untuk menganalisis data hasil angket penilaian. Analisis deskriptif menggunakan analisis prosentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media informasi alat peraga ini. Tahap pengembangan media informasi alat peraga matematika SMP berbasis web dibedakan menjadi menjadi 3 tahapan, yaitu : tahap pengembangan media, tahap analisis dan uji coba media, dan tahap revisi atau perbaikan media. Pembahasan pada penelitian ini menjelaskan tentang ketercapaian antara kriteria desain dengan hasil angket dan wawancara dengan pakar alat peraga matematika, pakar teknologi dan informasi serta dengan guru matematika SMP. Pada tahap analisis dan uji coba digunakan angket yang berbeda. Untuk pakar alat peraga matematika difokuskan pada penilaian alat peraga matematika secara detail dan untuk pakar teknologi informasi difokuskan pada penilaian desain media secara detail juga. Sedangkan untuk guru matematika SMP sebagai end user diberikan proporsi yang sama dalam penilaian antara desain dan isi dari media. Hasil pengembangan media ini cukup baik hal ini dapat dilihat dari angket penilaian yang menunjukkan semua kriteria media yaitu : interaktif, dinamis, pengorganisasian desain web, tampilan desain web, dan variasi tampilan desain web telah tercapai dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101037;
dc.subjectPengembangan Media Informasi Alat Peragaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI ALAT PERAGA MATEMATIKA SMP BERBASIS WEBen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record