dc.description.abstract | Pembelajaran yang menarik adalah pembelajaran yang menyenangkan dan
tidak membosankan. Untuk membuat pembelajaran yang menarik diperlukan media
pembelajaran salah satunya adalat alat peraga matematika. Alat peraga matematika
yang ada di Indonesia jumlahnya banyak sekali, tetapi guru matematika SMP jarang
sekali menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Hal ini diakibatkan oleh
kurangnya pengetahuan guru terhadap alat peraga matematika yang ada di Indonesia.
Kurangnya pengetahuan guru terhadap alat peraga matematika disebabkan oleh tidak
adanya sarana informasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai alat peraga
matematika yang ada di Indonesia. Web dapat digunakan sebagai sarana informasi
yang dapat menyampaikan informasi mengenai alat peraga matematika yang ada di
Indonesia.
Media informasi alat peraga matematika SMP berbasis web yang akan
dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada
guru matematika dalam memperoleh infomasi mengenai alat peraga matematika serta
membuat pembelajaran matematika menjadi semakin menarik sehingga siswa senang
terhadap mata pelajaran matematika. Untuk memenuhi harapan tersebut maka media
informasi alat peraga matematika yang dihasilkan harus memenuhi beberapa kriteria,
yaitu : interaktif, dinamis, pengorganisasian desain web, tampilan desain web, dan
variasi tampilan desain web. Untuk membuat desain media alat peraga matematika
SMP berbasis web diperlukan software dan bahasa pemrograman yang sesuai.
Beberapa software dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini
adalah : Microsoft Windows XP Profesional, Adode Photoshop CS 2, Macromedia
Flash Professional 8, XAMMP 1.7, Joomla 1.5, dan Movie Maker. Sedangkan
spesifikasi hardware untuk menjalankan software- software tersebut adalah
Prosessor Intel Pentium IV 3.0 GHz, Memory Ram 512 MB, DVD-ROM 52x, VGA
Card 128 MB, dan Hard disk 80GB 7200 rpm.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi
literatur, studi eksplorasi, angket dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis isi terhadap data kualitatif hasil wawancara dan
analisis deskriptif untuk menganalisis data hasil angket penilaian. Analisis deskriptif
menggunakan analisis prosentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk
media informasi alat peraga ini.
Tahap pengembangan media informasi alat peraga matematika SMP berbasis
web dibedakan menjadi menjadi 3 tahapan, yaitu : tahap pengembangan media, tahap
analisis dan uji coba media, dan tahap revisi atau perbaikan media. Pembahasan pada
penelitian ini menjelaskan tentang ketercapaian antara kriteria desain dengan hasil
angket dan wawancara dengan pakar alat peraga matematika, pakar teknologi dan
informasi serta dengan guru matematika SMP. Pada tahap analisis dan uji coba
digunakan angket yang berbeda. Untuk pakar alat peraga matematika difokuskan
pada penilaian alat peraga matematika secara detail dan untuk pakar teknologi
informasi difokuskan pada penilaian desain media secara detail juga. Sedangkan
untuk guru matematika SMP sebagai end user diberikan proporsi yang sama dalam
penilaian antara desain dan isi dari media. Hasil pengembangan media ini cukup baik
hal ini dapat dilihat dari angket penilaian yang menunjukkan semua kriteria media
yaitu : interaktif, dinamis, pengorganisasian desain web, tampilan desain web, dan
variasi tampilan desain web telah tercapai dengan baik. | en_US |