Analisis Segmentasi Pasar Pengguna Jasa Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Tahun 2013
View/ Open
Date
2013Author
Meiga Rovitasari, Sapta
Utami, Sri
Sandra, Christyana
Metadata
Show full item recordAbstract
Segmentasi pasar memiliki tujuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan sehingga dengan rumah sakit melakukan
segmentasi pasar dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat. Berdasarkan data kunjungan rawat inap dan BOR (Bed
Occupancy Rate) tiga tahun terakhir di Rumah Sakit daerah kalisat mengalami fluktuatif. Peneletian ini bertujuan untuk
mengetahui segmentasi pasar pengguna jasa pelayanan rawat inap berdasarkan karakteristik konsumen. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 100 pasien rawat inap.
Data disajikan dalam bentuk tabel dan menggunakan analisis univariat untuk masing-masing variabel dalam segmentasi.
Hasil dari segmentasi pasar pengguna jasa pelayanan rawat inap rumah sakit daerah kalisat berdasarkan 1) segmentasi
demografi : mereka termasuk golongan menengah ke bawah. 2) segmentasi geografi : mereka berasal dari luar kecamatan
kalisat. 3) segmentasi psikografi : mereka termasuk bergaya hidup biasa dab ekonomis. 4) segmentasi tingkah laku : mereka
termasuk konsumen yang loyal dan juga menggunakan puskesmas selain Rumah Sakit Daerah Kalisat.
Collections
- SRA-Medical [429]