Show simple item record

dc.contributor.authorYuni Purwati
dc.date.accessioned2013-12-07T02:46:00Z
dc.date.available2013-12-07T02:46:00Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM060210102188
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5893
dc.description.abstractPembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam menghasilkan siswa yang berkualitas dan mempunyai pemikiran kritis dan ilmiah dan juga perkembangan teknologi. Kenyataan yang terjadi pada mata pelajaran IPA khususnya fisika pada saat ini tidak begitu diminati dan kurang diperhatikan. Hal ini dikarenakan cara pembelajaran IPA yang diberlakukan oleh guru kurang sesuai, fasilitas yang kurang dan kurangnya komunikasi antara siswa dan guru sehingga membuat siswa tidak termotivasi belajar dan dapat menurunkan hasil belajarnya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran tertentu yang sesuai kurikulum dan dapat mendorong siswa aktif belajar sehingga siswa tidak hanya belajar produk saja melainkan juga belajar prosesnya. Salah satu pendekatan yang cocok diterapkan untuk pelajaran fisika adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (PBAS) yang disertai dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE). Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (PBAS) dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE) mampu memberikan tahapan pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa secara mandiri dan kelompok serta berhasil mendorong siswa aktif belajar melalui metode penugasan, eksperimen, dan eksplanasi. Siswa yang aktif dalam pembelajaran akan mudah memahami dan menerima konsep fisika yang telah diajarkan, sehingga akan meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan vii pendekatan pembelajaran berorientasi pada aktivitas siswa PBAS dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE) dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP yang menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada aktivitas siswa PBAS dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE) dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambulu. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t diperoleh t test =2,57 dan nilai t = 1,99 sehingga pada taraf signifikansi 5% harga t test > t . Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan PBAS dengan metode PEE dan pembelajaran konvensional. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 79,86 % dan termasuk dalam kriteria aktif. tabel Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada aktivitas siswa (PBAS) dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE) dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, (2) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP yang menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi pada aktivitas siswa (PBAS) dengan metode penugasan, eksperimen, eksplanasi (PEE) termasuk dalam kategori aktif dengan persentase sebesar 79,86%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102188;
dc.subjectPembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa (PBAS) dengan Metode Penugasan, Eksperimen, Eksplanasien_US
dc.titlePENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE PENUGASAN, EKSPERIMEN, EKSPLANASI (PEE) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record